Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Manfaat Pajak Bumi Dan Bangunan Daerah Di Kabupaten Bangka (Studi pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bangka)
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47995/jik.v5i1.82Keywords:
Pajak Bumi dan Bangunan, Strategi KomunikasiAbstract
Tulisan ini membahas tentang strategi komunikasi Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bangka dalam menyampaikan manfaat bayar pajak bagi pembangunan daerah di Kabupaten Bangka. Teori yang digunakan adalah komponenkomponen dalam menyusun strategi menurut Onong Uchjana Effendy (2006:32) terdiri dari mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, tujuan pesan komunikasi dan peranan komunikator dalam komunikasi.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian komponen mengenali sasaran komunikasi bertujuan memberi pemahaman tentang manfaat membayar PBB untuk pembangunan daerah dengan cara melakukan sosisalisasi dan komunikasi secara langsung (tatap muka) kepada masyarakat melibatkan para tokoh masyarakat dalam menjelaskan tentang pentingnya
membayar PBB untuk pembangunan daerah. Komponen pemilihan media komunikasi, media yang digunakan baliho, spanduk, publikasi melalui media cetak harian, banner, stiker lunas PBB, souvenir seperti mug dan aplikasi Elektronik-PBB (E-PBB). Komponen tujuan pesan komunikasi agar masyarakat selaku wajib pajak paham akan pentingnya pajak yang di bayarkan mereka untuk pembangunan daerah. Komponen peranan komunikator dalam penyampaian manfaat bayar pajak bagi pembangunan daerah di Kabupaten Bangka adalah juru pungut dari BP2RD Kabupaten Bangka. Rekomendasi agar BPD2RD Kabupaten Bangka
dapat menggunakan media selain tatap muka, E-PBB harus segera dilengkapi dengan fitur pembayaran online, tujuan komunikasi harus lebih spesifik dan mudah dimengerti oleh masyarakat dari seluruh kalangan.Meningkatkan kredibilitas dan kapabilitas komunikator dalam penyampaian pesan manfaat membayar PBB sehingga dapat diterima oleh semua kalangan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.