Komunikasi Antar Pribadi Guru Dengan Murid Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Sungailiat Bangka
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47995/jik.v4i2.75Keywords:
Komunikasi Antar Pribadi, kepercayaan Diri, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang Komunikasi Antar Pribadi Guru dengan Murid dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Sungailiat Bangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antar pribadi guru dengan murid dalam meningkatkan kepercayaan diri kelas v a SD Negeri 1 Sungailiat Bangka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya observasi non-partisipan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Selain itu teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunkasi antarpribadi antara Guru dan Murid dalam situasi tertentu menggunakan komunikasi satu arah, adanya Pendekatan secara personal dari guru kepada murid, Komunikasi efektif terwujud dari keterbukaan dan sikap Guru yang mau menerima pernyataan murid dan ikut mendorong kemampuan berkomunikasi murid di kelas sehingga adanya peningkatan rasa kepercayaan diri siswa, dan Komunikasi yang efektif yang terjalin antara Guru dan murid dapat meningkatkan rasa percaya diri dari masing-masing siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.