Efektivitas Media Luar Ruang Dalam Keputusan Memilih Calon Legislatif DPRD Kabupaten Bangka Tahun 2019 (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Bukit Betung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka)

Indonesia

Authors

  • Nabila Kristi

DOI:

https://doi.org/10.47995/jik.v4i2.73

Keywords:

Komunikasi Pemasaran Politik, Media Luar Ruang, Efek Komunikasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas media luar ruang dalam keputusan memilih calon legislatif DPRD Kabupaten Bangka tahun 2019. Tujuan penelitian ini untuk melihat efektivitas dari media luar ruang yang digunakan calon legislatif DPRD saat berkampanye. Media luar ruang yang digunakan dalam kampanye calon legislatif DPRD memberikan efek komunikasi yang dirasakan masyarakat Kelurahan Bukit Betung. Efek komunikasi terdiri dari tiga indikator yaitu efek kognitif, efek afektif dan efek konatif. Efek kognitif menyebabkan masyarakat Kelurahan Bukit Betung bertambah pengetahuan dan informasi tentang data diri calon dan siapa saja yang ikut dalam pencalonan. Efek afektif yaitu terjadinya perubahan perasaan dan tergerak hatinya masyarakat Kelurahan Bukit Betung (emosional). Efek konatif berhubungan dengan niat untuk melakukan sesuatu atau perilaku/tindakan memilih calon legislatif DPRD. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dan lokasi penelitian adalah masyarakat Kelurahan Bukit Betung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, dokementasi, dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan berjumlah 369 responden yang merupakan daftar pemilih tetap Kelurahan Bukit Betung tahun 2019. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah probability sampling menggunakan teknik startified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator nilai rata- rata persentase dimensi efek komunikasi sebesar 93,66 %. Nilai paling tinggi indikator efek afektif yaitu 94,356 % kemudian disusul dengan efek kognitif sebesar 94,004 % dan terakhir efek konatif sebesar 92,622 %. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terpaan dari komunikasi pemasaran politik calon legislatif DPRD Kabupaten Bangka tahun 2019 melalui media luar ruang sangat efektif dalam merubah sikap masyarakat Kelurahan Bukit Betung menjadi tertarik dengan calon legislatif kemudian membuat keputusan memilih calon legislatif di hari pemilihan. Ketertarikan ini bisa dilihat dari design media media luar ruang yang digunakan (warna, gambar dan kejelasan huruf yang mudah dibaca)

Downloads

Published

2022-06-15