Peran Komunikasi Interpersonal Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu(Studi pada Hotel Guest House Sutos Sungailiat Bangka)
DOI:
https://doi.org/10.47995/jik.v3i1.37Keywords:
komunikasi interpersonal, pelayanan, tamuAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal pegawai Hotel Guest House
Sutos dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Penelitian ini menjabarkan bahwa peran komunikasi
interpersonal dan keramahtamahan pegawai hotel sangat penting dalam memberikan informasi dan dalam
melayani tamu hotel. Pesan yang disampaikan dapat diterima oleh tamu sehingga komunikasi keterbukaan dan
pendekatan interpersonal sangat membantu dalam menyampaikan pesan komunikasi. Penelitian ini dilakukan di
Hotel Guset House Sutos Sungailiat Bangka menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan mengambil
narasumber pegawai dan tamu Hotel Gueat House Sutos. Instrumen penelitian yang digunakan adalah data primer
dan sekunder berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah terdapat peran
komunikasi berdasarkan sifat-sifat komunikasi interpersonal seperti proses transaksional, tujuan, komunikasi yang ambigu, berbentuk simetris dan komplementer, dan merujuk pada isi dan hubungan. Proses komunikasi yang terjalin antara pegawai dan tamu dalam memberikan pelayananyang bertujuan untuk memahami dan membina hubungan baik di setiap komunikasi yang berlangsung agar dapat mengangkat dan mempertahankan citra baik
hotel tersebut. Selain itu, komunikasi interpersonal didukung oleh adanya keterbukaan, kepercayaan, dan sikap saling mendukung. Adapun rekomendasi bagi manajemen hotel adalah memberikan notifikasi setiap informasi yang berubah mengenai Hotel Guest House Sutos, terutama pada pemesanan online agar tidak terjadi perbedaan pendapat dengan tamu yang memesan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.