Strategi Komunikasi Humas Direktorat Jenderal Pajak dalam Program Migrasi NIK Menjadi NPWP
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47995/jik.v7i1.227Keywords:
strategi komunikasi, migrasi NIK, humas ditjen pajak, sosialisasi, mediaAbstract
Program migrasi NIK menjadi NPWP merupakan salah satu implementasi kebijakan “Satu Data Indonesia” yang digagas oleh pemerintah untuk mewujudkan tata kelola data yang efektif dan efisien di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh Humas Ditjen Pajak dalam mengkampanyekan program migrasi NIK menjadi NPWP ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan cara In-Depth Interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Humas Ditjen Pajak dalam mengkampanyekan program ini yaitu dengan melakukan sosialisasi secara masif di seluruh instansi pemerintah, baik itu pusat, daerah maupun swasta yang memiliki jumlah karyawan terbanyak. Selain itu, Humas Ditjen Pajak memaksimalkan penggunaan media digital dan media sosial untuk menjangkau segmen masyarakat yang lebih luas dan efektif. Sedangkan media tradisional digunakan untuk menjangkau kelompok masyarakat di daerah pedesaan dan terpencil. Adanya faktor penghambat seperti seperti resistensi masyarakat, keterbatasan akses teknologi dan sumber daya merupakan tantangan yang dihadapi oleh Humas Ditjen Pajak dalam merancang strategi komunikasi kedepannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.