Strategi Komunikasi GenRe Kota Bogor: Studi Kasus Implementasi Nyata GenRe Cegah Stunting
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47995/jik.v7i1.234Keywords:
kesehatan masyarakat, komunikasi organisasi, pengerdilan, penyuluhan, strategi komunikasiAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi Forum Generasi Berencana Kota Bogor, dengan fokus pada pelaksanaan program Implementasi Nyata Generasi Berencana Cegah Stunting di Kota Bogor pada periode 2023. Tujuan utamanya adalah menganalisis alur dan strategi Generasi Berencana Kota Bogor dalam melakukan komunikasi organisasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan anggota Generasi Berencana dan sumber sekunder, termasuk literatur yang relevan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Generasi Berencana memiliki alur komunikasi internal dan eksternal yang terstruktur, yang melibatkan pemangku kepentingan utama seperti sekolah dan lembaga pemerintah daerah, untuk memastikan program tersebut secara efektif menjangkau remaja sebagai sasaran. Temuan ini menyoroti keberhasilan program dalam melibatkan remaja melalui bahasa informal, alat interaktif, dan kegiatan yang disesuaikan dengan audiens. Komunikasi dan koordinasi yang efektif antara anggota Generasi Berencana dan dengan mitra eksternal sangat penting untuk mencapai tujuan program. Studi ini menggarisbawahi potensi strategi komunikasi yang terorganisasi dalam meningkatkan intervensi kesehatan masyarakat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.