Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram Pada Produk Elektronik
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47995/jian.v6i2.246Keywords:
E-WOM, Intensitas, pendapat, konten, elektronik, instagramAbstract
E-WOM menjadi salah satu faktor penting yang diperlukan oleh konsumen dalam memutuskan pembelian secara online. Penelitian ini melakukan analisis pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian produk elektronik pada user Instagram. Variabel E-WOM ditentukan berdasarkan teori Goyette and Richard (2010) membagi e-wom ke dalam tiga dimensi yaitu Intensity, Valence of Opinion, dan Content. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk meneliti sebuah populasi atau sampel tertentu dengan teknik pengambilan sampel yang umum nya dilakukan secara random. pengumpulan data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah di tetapkan. Pada penelitian ini instrumen penelitian diperoleh dari kuesioner dengan jawaban 100 responden yang berisi item pertanyaan dari variabel-variabel intensitas, pendapat positif dan negatif, dan konten. Terdapat 4 tahapan penelitian yang digambarkan dalam bagan penelitian yaitu merumuskan penentuan jenis data dan variabel, penentuan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, penyusunan kuesioner, uji instrumen penelitian, dan analisis data. Hasil dari analisis ini adalah intensitas dan konten tidak berpengaruh dalam keputusan pembelian dengan nilai 33.1% dan 36.8%. Variabel pendapat positif dan negatif berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk elektronik pada instagram dengan nilai 50.6%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.