Evaluasi Kinerja Pegawai Rekam Medis dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Medika Stania
DOI:
https://doi.org/10.47995/jian.v4i1.67Keywords:
Pegawai Rekam Medis Rumah Sakit Medika StaniaAbstract
Pegawai rekam medis merupakan seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan formal rekam medis dan informasi kesehatan sehingga memiliki kompetensi yang diakui oleh pemerintah dan profesi serta mempunyai tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melakukan kegiatan pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan pada unit pelayanan kesehatan. Pegawai Rekam Medis RS. Medika Stannia memiliki pekerjaan memberikan pelayanan pendaftaran pada pasien saat ingin berobat. Sedangka Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja Pegawai Rekam Medis RS. Medika Stannia dalam memberikan pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, catatan lapangan atau observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Rekam Medis Rumah Sakit Medika Stannia termasuk kategori baik dalam memberikan pelayanan pendaftaran rekam medis rawat jalan. Kualitas kerja Pegawai atau karyawan sudah cukup baik, dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan Standar Pelayanan Operasional ( SPO ) yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Medika Stannia. Ketepatan waktu pegawai dalam kehadiran pegawai dan penyelesaian pekerjaan sudah cukup baik. Pegawai selalu tepat waktu dalam masuk kerja dan menyelesaikan pekerjaan yang ada. Inisiatif pegawai rekam medis sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dalam memberikan pelayanan pendaftaran kepada pasien dengan penuh insiatif dan tanggung jawab. Kemampuan pegawai sudah cukup baik dalam melaksanakan pekerjaan yang ada, dan selalu membangun komunikasi yang baik kepada pasien dan sesama unit kerja yang lainnya. Namun dalam melakukan pekerjaan, sarana dan prasarana pendukung di Unit rekam medis RS. Medika Stannia ketersediaannya masih kurang. Sehingga menghambat pelayanan pendaftaran pasien yang datang ke rumah sakit. Kesimpulan pegawai unit Rekam Medis RS. Medika Stannia sudah memiliki kinerja yang cukup baik. Saran RS. Medika Stannia bisa menyiapkan kekurangan sarana dan prasarana penunjang pekerjaan rekam medis dan memberikan reward kepada karyawan yang berkinerja baik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Studia Administrasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.