Model Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

English

Authors

  • Eqi Fitri Marehan STISIPOL Pahlawan 12

DOI:

https://doi.org/10.47995/jik.v1i1.9

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Model Interaksional

Abstract

Penelitian ini membahas komunikasi interpersonal guru dalam model interaksional untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 27 Jelitik Sungailiat Bangka. Teori yang digunakan adalah model interaksional.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian komponen input bertujuan memotivasi guru pelajaran, guru kelas, dan siswa-siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar dengan baik agar nilai siswa menjadi baik sehingga memudahkan langkah-langkah para guru dalam memajukan kualitas proses belajar mengajar.Komponen proses, yaknikomunikator, adalah para guru termasuk kepala sekolah. Gaya komunikasi dilakukan dua arah, komunikasi verbal dan nonverbal. Komponen output berupa sikap berubah siswa lebih baik, lebih percaya diri. Efeknya adalah guru termotivasi memajukan kualitas pembelajaran sehingga bisa menjadi lebih baik dan menjadikan SD Negeri 27 Jelitik ini sebagai role model bagi sekolah lainnya yang ada di gugus yang sama.

Downloads

Published

2020-11-12