Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan (Studi kasus Kelurahan Bukit Betung)
DOI:
https://doi.org/10.47995/jian.v2i1.34Keywords:
kompetensi pegawai, kualitas pelayanan, pelayanan publikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kelurahan Bukit
Betung. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dan lokasi penelitian adalah warga dan
pegawai di Kelurahan Bukit Betung. Uji reliabilitas dan uji validitas dalam penelitian ini digunakan untuk melihat valid atau
tidaknya kuesioner penelitian, sedangkan uji t dilakukan untuk mengetahui apakah variabel bebas mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap variabel terikat. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan
menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai terhadap kualitas
pelayanan di Kelurahan Bukit Betung kurang berpengaruh secara signifikan, dengan variabel sebesar 13,6 %. Kompetensi
merupakan gabungan dari berbagai dimensi yakni sikap, pengetahuan dan kemampuan. Adapun kualitas pelayanan merupakan
gabungan dari berbagai dimensi, yakni keandalan, daya tangkap, jaminan, perhatian, dan bukti langsung.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Studia Administrasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.