ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BANGKA TENGAH

Authors

  • Abdul Sani Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.47995/jian.v3i2.61

Keywords:

kualitas, pelayanan, publik

Abstract

Pemerintah didalam menyelenggarakan pelayanan publik masih banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas belum seperti yang diharapkan masyarakat. Masih ditemukannya berbagai keluhan masyarakat mengenai pelayanan langsung yang diberikan pemerintah. Keluhan ini dapat dirasakan dan dilihat langsung ketika berada ditempat pelayanan maupun keluhan dan tanggapan masyarakat melalui media. Kualitas pelayanan pemerintah secara umum masih jauh dari memenuhi harapan masyarakat, tidak terkecuali di Poliklinik Gigi RSUD Bangka Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik di Poliklinik tersebut. Pisau Analisis yang digunakan adalah Teori ServQual dari Parasuraman, Berry dan Zethitamal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh di lokasi penelitian dengan informan yang berasal baik dari internal maupun eksternal RSUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Assurance (jaminan) dinilai cukup berkualitas, dimensi Responsivenes (ketanggapan) dinilai berkualitas dan Emphaty (empati) dinilai cukup berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-09